//
you're reading...
Uncategorized

SECANGKIR KOPI PAHIT HANGATKAN SOSIALISASI KESEHATAN DI KECAMATAN BUKI

Selayar SP, Beberapa hari lalu telah diadakan sosialisasi mengenai dampak merokok terhadap kesehatan, yang dilaksanakan Pemkab  Kepulauan Selayar tanggal 16 Desember 2010 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Buki. Peserta yang hadir dalam sosialisai tersebut sebanayak 50 orang yang terdiri dari Pemerintah Desa, para Kepala UPT Kecamatan, para Kepala Dusun, Imam Desa dal suasana enjoy dan serius. Tim dari Kabupaten terdiri dari bagian Ekonomi Setda, Dinkes Kabupaten dan Kepala UPT Puskesmas Buki Syamsuddin, SE. Kabag selaku ketua tim sosialisasi  dengan anggota tim Dokter dari Dinkes dan A. SUKRI, A. Mk. Kepala Puskesmas Buki. Acara tersebut dipandu lansung oleh Sekcam Buki, Drs. MUHAMMAD HAMZAH, S. Su. yang selanjutnya antaran kata dan perkenalan Tim oleh ketua Tim. Usai antaran kata selanjutnya penjelasan teknis oleh anggota Tim yang juga ditambahkan oleh Kepala Puskesmas Buki, dan menariknya, Sosialisasi Dampak Merokok terhadap kesehatan karena peserta juga menerima Siluet dan gambar Anatomi Manusia akibat pengaruh Nikotin pada manusia serta Brosur. Sekcam Buki selaku moderator, sangat antusias mengarahkan jalannya sosialisasi pada masyarakatnya, serta mencatat setiap pertanyaan, tanggapan – tanggapan dan saran tindak audience dengan tiga kali babakan, atas pertanyaan dan tanggapan untuk pemateri. Dengan subtansi pertanyaan yang berbeda semakin menghangatkan suasana diskusi seperti yang disoroti secara tajam ketua BPD Desa Lalang Bata ARMAN JAYA, apabila merokok berbahaya terhadap kesehatan masyarakat maka pabriknya saja yang ditutup. Lain lagi tanggapan Kepala Dusun Pakbatteang ALAN, perlunya ada cara baru pembuatan kretek (Rokok) yaitu dicampur dengan obat pembunuh Nikotin, sehingga rokok tidak perlu lagi bagi kesehatan masyarakat khususnya penikmat rokok yang sudah membudaya dengan kebiasaannya. Berdasarkan catatan moderator, kurang lebih 15 masukan sehingga Ketua Tim Sosialisasi sangat memperhatikan dan dijawab dengan baik, secara metodik, runtuk dan ilmiah pada sudut pandang Ilmu Kesehatan, melalui transparansi Siluet, Brosur serta gambar Anatomi Manusia akibat pengaruh Nikotin, sekalipun merokok itu sangat nikmat dirasakan dengan secangkir “Kopi Pahit”. Pada babakan ketiga, Sekretaris Desa Buki M. IDRIS menyemarakan suasana, meminta kepada anggota Tim Dinkes Kabupaten supaya dicarikan penawar, semisal Pil yang kalau dikonsumsi gairah merokok sudah tidak ada lagi. Spontan dijawab Dokter dari Dinas tanpa melalui moderator, itu ada dan sangat harganya sangat mahal. Dijelaskan bahwa merokok dengan berbagai dampak burknya, yaitu bagi perokok aktif dan pasif dapat mengalami kangker payu dara, kangker paru – paru, serangan jantung, stroke, gongren, kangker bibir, kangker hati, lambung, ginjal dan kerusakan sperma yang berimflikasi kangker rahim.

Usai sosialisasi saat Ketua Tim akan meninggalkan Kecamatan Buki, SP mengadakan wawancara singkat terkait peraturan yang akan menjadi ketetapan dan akan menjadi aturan yang akan diikuti masyarakat. Ketua Tim dan juga Kabag Ekonomi Setda SYAMSUDDIN, SE spontan menjawab, bahwa sosialisasi yang kita lakukan ini tujuannya akan menghimpun berbagai masukan, tanggapan, saran tindak dalam rangka mencari solusi mengenai dampak merokok terhadap kesehatan. Oleh karena itu, semua tanggapan dan saran tindak akan ditampung untuk menjadi pembicaraan di Kabupaten dan sekaligus akan menjadi telaahan Staf kke Provinsi, tandasnya. Saat SP menanyakan Kecamatan yang dikunjungi, menjawab bahwa respon Kecamatan Buki sanagat bersemangat dari kecamatan lain. Adapun kecamatan yang telah didatangi ialah Kecamatan Bontosikuyu, KecamatanBontoharu, Kecamatan Bontomatene, Kecamatan Buki serta Kecamatan Bontomanai.

Saat ditemui Sekcam Buki Drs. MUHAMMAD HAMZAH, S. SU. Diruang kerjanya usai acara, mengatakan tentu aka ada peraturan yang tidak akan menyusahkan masyarakat. Dan apabila dilarang pada instansi atau tempat perbelanjaan(Swalayan) serta tempat lain, pasti ada tempat khusus untuk perokok, namun yang pasti bahwa tujuan Pemerintah adalah untuk pemberian pelayanan yang jauh lebih baik (Good Governance) imbuhnya (Imran Hasan /Hamzah)

 

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: