//
Iptek & imtaq

PENTINGNYA INTERNET BAGI SISWA


Oleh Alim Bachri, S. Pd Guru SMKN 1 Bontomanai

PENDAHULUAN

Internet termasuk salah satu hasil revolusi komunikasi yang usianya relatif  masih baru. Meskipun masih merupakan hal yang baru tidak diragukan lagi bahwa kehadiran dan pertumbuhan teknologi internet telah menjadi salah satu fenomena sosial yang sangat menarik perhatian saat ini. Di seluruh dunia, termasuk Indonesia, kini semakin banyak orang yang memanfaatkan internet untuk bermacam-macam kebutuhan. Selain telah secara revolusioner mengubah metode komunikasi  massa dan penyebaran informasi, internet juga telah membuktikan dirinya sebagai salah satu media berjangkauan massal yang paling fleksibel. Internet dengan mudah bisa menyatukan seluruh bentuk media massa konvensional seperti media cetak dan audio visual. Dalam aspek sosial dan kebudayaan setiap muncul satu jenis teknologi ke dalam sebuah masyarakat pasti akan mendorong berlangsungnya berbagai perubahan. Apa yang kemudian dikenal sebagai cybermarketing misalnya adalah sebahagian contoh dari beberapa perubahan drastis dalam lingkup ekonomi dan sosial masyarakat modern saat ini yang mustahil muncul tanpa kehadiran internet. Setiap bentuk perubahan sosial dan kebudayaan cenderung akan melahirkan beberapa masalah baru. Secara ekonomis dalam beberapa hal internet boleh jadi telah membawa akibat berupa penghematan (efisiensi) waktu dan penghematan biaya yang sangat besar. Dari sisi ekologis, konversi segala jenis data menjadi kode-kode digital dalam internet juga dianggap sebagai altenatif gaya hidup yang eco-friendly, ramah lingkungan antara lain ketika semakin lama orang tertantang untuk semakin terbiasa dalam kondisi yang relatif tanpa kertas (paperless) di tempat kerja atau dirumah masing-masing. Namun demikian disamping keuntungan-keuntungan komparatif tadi internet juga telah mendorong munculnya beberapa kecemasan baru di kalangan masyarakat luas. Beberapa kasus kejahatan atau prilaku menyimpang dari seseorang atau sekelompok orang yang secara kebetulan menjadi bagian dari masyarakat pengguna internet, misalnya telah melahirkan respon berupa kecurigaan yang terkadang berlebihan terhadap akibat negatif yang bisa ditimbulkan oleh pertumbuhan jenis teknologi ini. Kehadiran teknologi internet ini dengan berbagai fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan diharapkan akan memberikan nilai tambah atau nilai lebih dari pada sebelum menggunakan teknologi tersebut. Sementara itu, internet dengan berbagai kebebasan dan luasnya jangkauan komunikasinya membuat dampak negatif yang tidak akan dapat dibendung jika masyarakat atau kelompok pengguna tidak menyeleksi dengan baik. Keuntungan-keuntungan internet ini menimbulkan respon yang berbeda-beda dikalangan masyarakat. Dalam tradisi ilmu ekonomi dan sosial, ketidak pahaman masyarakat  terhadap sebuah fenomena akan melahirkan dua kemungkinan sikap atau respon, yaitu ; menerima tanpa sikap kritis atau menolak secara membabi buta. Cukup jelas tidak satupun dari sikap semacam itu yang akan menguntungkan masyarakat. Padahal sama sekali tidak bisa dibatalkan kehadirannya dalam sejarah perkembangan peradaban manusia. Beberapa kalangan bahkan merasa yakin bahwa teknologi internet akan menjadi standar mutlak bagi jenis-jenis teknologi yang akan dikembangkan di masa depan. Tingkat pemahaman inilah yang menentukan persepsi  masyarakat tentang internet. Pemahaman terhadap internet di pengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah tingkat pendidikan, artinya semakin tinggi tingkat pendidikan, maka diharapkan semakin tinggi pula pemahamannya mengenai internet. Menurut survey yang dilakukan oleh info HRD-IT (Browsing) : pada umumnya pengguna internet berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, akademisi dan kaum professional. Hasil survey lainnya adalah : sekitar 60-70 % pengguna internet melalui warnet adalah kalangan mahasiswa dan pelajar, jadi sebagian besar pengguna internet adalah didominasi oleh kaum terpelajar atau terdidik. Survey ini berlaku di seluruh Indonesia. Namun kenyataan yang terjadi adalah masih banyak diantara kalangan terdidik tersebut yang belum paham (awam) atau salah dalam hal penggunaan internet, yang tentunya akan diiringi pula dengan persepsi yang salah. Hal inilah yang menjadi latar belakang dalam penulisan Karya Tulis ini.

  1. A. FUNGSI DAN MANFAAT INTERNET

Sejalan dengan meningkatnya peranan informasi dalam bisnis maupun teknologi, akses terhadap sumber dan jaringan informasi menjadi semakin penting bagi para professional. Menurut Sanjaya (1995) mengemukakan bahwa : “Internet adalah jaringan informasi computer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia sehingga sudah searusnya para profesional mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui jaringan ini”. Internet adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan ribuan jaringan komputer melalui sambungan telepon umum maupun pribadi ( pemerintah dan swasta) secara individual jaringan komponennya dikelola oleh agen-agen pemerintah, universitas, organisasi komersial maupun sukarelawan. Sedangkan menurut Jack Febrian ( 2001 : 20 ) mengatakan bahwa internet itu suatu jaringan antar komputer media penghubung tersebut bisa melalui kabel kanal satelit maupun frekwensi radio sehingga komputer yang terhubung tersebut dapat saling berkomunikasi. Cikal bakal dari internet adalah ARPANET, sebuah eksperimen milik pemerintah Amerika Serikat berbasis komunikasi data paket yang didirikan pada tahun 1969.  Tujuannya untuk menghubungkan para periset ke pusat-pusat sehingga mereka bisa merasa bersama-sama memanfaatkan sarana komputer seperti diskspace, data base dan lain-lain. Kegiatan ini di sponsori oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat bersama Lembaga yang di namakan Advanced Research Projects Agency (ARPA). Diawal tahun 1980 ARPANET terpecah menjadi dua jaringan yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer), akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan. Pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi  lama-kelamaaan di sebut sebagai Internet saja. Ditahun 1986 lahir National Science Foundation Network (NSFNET).  Yang menghubungkan para periset diseluruh negeri dengan 5 buah Pusat Super Komputer.  Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas Universitas dan konsersium-konsersium riset. Pada saat ini internet terdiri atas lebih dari 15.000 jaringan yang mengelilingi dunia (70 negeri di 7 benua). Sekitar 25 juta orang dapat saling mengirim pesan melalui internet dan jaringan lain terhubung dengannya. Pemakaiannya sudah bukan murni riset saja, tetapi mencukupi kegiatan sosial,  komersial (melalui jaringan antar komersial bernama CIX), budaya dan lain-lain. Tetapi sekarang sebagian besar dari Universitas-universitas di dunia telah tersambung langsung maupun tidak. Sementara kalangan bisnis juga banyak yang bergabung. Meskipun demikian ada pula jutaan individu yang menghubungkan komputer mereka di rumah dari salah satu para provider atau perusahaan yang memberikan layanan internet. Di Inggris saja, lebih dari 100 ribu host computer bergabung ke internet. Mengenai individu-individu ini, kompuserve yang merupakan provider yang paling besar menyatakan bahwa anggota mereka di Inggris telah mencapai 60.000 orang dengan 1.000 user (pemakai) baru yang  bergabung setiap bulannya. Fasilitas yang terdapat di internet

  1. 1. ElectronicMail / Email / Messaging

Electronic mail atau surat elektronik adalah fasilitas yang paling sering di gunakan di internet. Dengan fasilitas ini seseorang dapat membuat dan mengirim pesan tertulis kepada seorang atau sekelompok orang lain yang juga terdaftar di Internet

  1. Newsgroup

Newsgroup merupakan perkembangan dari mail list dan dapat diakses melalui e-mail. Ribuan newsgroup mencakup berbagai bidang kepentingan, kegiatan, dan obsesi, yang luar biasa banyaknya. Dari yang biasa sampai yang aneh-aneh, dengan ratusan artikel baru setiap harinya, dan jauh lebih menarik.

  1. 3. File Transfer

Fasilitas ini memungkinkan terjadinya pengiriman file dari satu komputer ke komputer lain. Sebuah file dapat berisi dokumen, grafik, program komputer, bahkan video maupun suara yang terekam secara digital.

  1. B. FAKTOR POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN INTERNET

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet. Berikut ini hanyalah sebagian dari apa yang tersedia di internet seperti informasi untuk kehidupan pribadi misalnya kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial dan informasi untuk kehidupan professional/pekerja sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis dan berbagai forum komunikasi. Setelah kita berbicara cukup banyak mengenai dampak positif dari internet, tentu saja tidak adil dan tidak informative pula apabila kita tidak membicarakan mengenai dampak negatif dari internet. Adapun dampak negatif dari internet antara lain : Θ Mempengaruhi nilai moral dan norma secara negatif dari manusia pada umumnya, serta remaja pada khususnya. Maksudnya adalah apabila membuka situs-situs internet yang berbau pornografi dan sex. Karena internet tidak dapat dicegah oleh siapapun, maka dari itu, apabila anak kecil atau remaja yang membuka situs-situs porno tersebut, mereka bebas saja dan akibatnya sangat mempengaruhi moral, mental dan norma dari siapapun yang membuka situs-situs porno tersebut. Θ Mengajarkan berbohong kepada manusia, mengapa bisa dikatakan berbohong? Karena apabila kita sedang chating dalam internet dan kita mempunyai suatu tujuan seperti misalnya ingin menggoda baik pria maupun wanita, tentu saja kita ingin sebisa-bisanya menyembunyikan identitas kita, terutama kepada orang yang sudah menikah. Sehingga apabila ditanya apakah sudah menikah, mereka pasti menjawabnya belum. Θ Internet bisa membuat orang kecanduan atau addicted. Maksudnya adalah internet itu bisa membuat orang seperti tidak bisa lepas dari internet, sehingga berlaku pepatah baru : “ Bukan saja uang dan waktu yang mengatur manusia tetapi internet juga mengatur manusia sekarang”. Pepatah ini sudah mulai berlaku di Amerika Serikat, dimana seseorang sudah mulai terserang / kecanduan internet, orang tersebut merasa berat untuk melakukan aktifitas lain. Apalagi yang lagi ngetren saat ini facebook, twitter dan game online, fasilitas ini betul-betul membuat para user ketagihan dan seringkali lupa waktu.

)   C. PERAN MEDIA INTERNET BAGI SISWA

Penggunaan Internet untuk keperluan pendidikan yang semakin meluas terutama di negara-negara maju, merupakan fakta yang menunjukkan bahwa dengan media ini memang dimungkinkan diselenggarakannya proses belajar mengajar yang lebih efektif. Hal itu terjadi karena dengan sifat dan karakteristik Internet yang cukup khas, sehingga diharapkan bisa digunakan sebagai media pembelajaran sebagaimana media lain telah dipergunakan sebelumnya seperti radio, televisi, CD-ROM Interaktif dan lain-lain. Sebagai media yang diharapkan akan menjadi bagian dari suatu proses belajar mengajar di sekolah, internet harus mampu memberikan dukungan bagi terselenggaranya proses komunikasi interaktif antara guru dengan siswa sebagaimana yang dipersyaratkan dalam suatu kegiatan pembelajaran. Kondisi yang harus mampu didukung oleh internet tersebut terutama berkaitan dengan strategi pembelajaran yang akan dikembangkan, yang kalau dijabarkan secara sederhana, bisa diartikan sebagai kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk mengajak siswa mengerjakan tugas-tugas dan membantu siswa dalam memperoleh pengetahuan yang dibutuhkan dalam rangka mengerjakan tugas-tugas tersebut (Boettcher 1999). Strategi pembelajaran yang meliputi pengajaran, diskusi, membaca, penugasan, presentasi dan evaluasi, secara umum keterlaksanaannya tergantung dari satu atau lebih dari tiga model dasar dialog/komunikasi sebagai berikut (Boettcher 1999) : – dialog/komunikasi antara guru dengan siswa, – dialog/komunikasi antara siswa dengan sumber belajar, – dialog/komunikasi di antara siswa.Apabila ketiga aspek tersebut bisa diselenggarakan dengan komposisi yang serasi, maka diharapkan akan terjadi proses pembelajaran yang optimal. Para pakar pendidikan menyatakan bahwa keberhasilan pencapaian tujuan dari pembelajaran sangat ditentukan oleh keseimbangan antara ketiga aspek tersebut (Pelikan, 1992). Kemudian dinyatakan pula bahwa perancangan suatu pembelajaran dengan mengutamakan keseimbangan antara ketiga dialog/komuniaksi tersebut sangat penting pada lingkungan pembelajaran berbasis Web (Bottcher, 1995). Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah, apakah Internet mampu memenuhi ketiga persyaratan tersebut?. Sebagaimana telah dibahas secara sepintas di bagian depan, sesungguhnya internet merupakan media yang bersifat multi-rupa, pada satu sisi Internet bisa digunakan-untuk berkomunikasi secara interpersonal misalnya dengan menggunakan e-mail dan chat sebagai sarana berkomunikasi antar pribadi (one-to-one communications), di sisi lain dengan e-mail-pun pengguna bisa melakukan komunikasi dengan lebih dari satu orang atau sekelompok pengguna yang lain (one-to-many communications). Bahkan sebagaimana telah disinggung di bagian depan, internet juga memiliki kemampuan memfasilitasi kegiatan diskusi dan kolaborasi oleh sekelompok orang. Di samping itu dengan kemampuannya untuk menyelenggarakan komunikasi tatap muka (teleconference), memungkinkan pengguna internet bisa berkomunikasi secara audiovisual sehingga dimungkinkan terselenggaranya komunikasi verbal maupun non-verbal secara real-time. Dengan demikian terlihat bahwa secara nyata internet memang akan bisa digunakan dalam seting pembelajaran di sekolah, karena memiliki karakteristik yang khas yaitu (1) sebagai media interpersonal dan juga sebagai media massa yang memungkinkan terjadinya komunikasi one-to-one maupun one-to-many, (2) memiliki sifat interkatif, dan (3) memungkinkan terjadinya komunikasi secara sinkron (syncronous) sehingga memungkinkan terselenggaranya ketiga jenisdialog/komunikasi yang merupakan syarat terselengaranya suatu proses belajar mengajar. Berdasarkan data yang diperoleh melalui angket yang disebar secara acak di SMA 1 Probolinggo, didapat suatu kesimpulan bahwa pemanfaatan internet sebagai media pencari informasi sebesar 34 % dan menduduki persentase tertinggi dibanding media lain seperti radio, buku, dan televisi. Dari survey yang dilakukan secara umum peranna internet sebagai media informasi IPTEk (55%), hiburan (15%), mencari teman dan bisnis (2%), dan sisanya tidak tahu sekaligus memanfaatkan semua. Secara detail peranan internet di dalam dunia pendidikan khususnya bagi guru adalah sebagai    berikut : 1. meningkatkan pengetahuan 2. berbagi sumber dengan seprofesi 3. kerjasama dengan guru diluar negeri 4. partisipasi dalam forum pendidikan 5. sumber bahan ajar Sedangkan peranan bagi siswa sebagai berikut :1. sumber pengetahuan 2. meningkatkan komunikasi dengan siswa lain 3. media praktek dari teori yang telah dipelajari. Dari fakta yang terjadi dilapangan dan survey yang dilakukan didapat kesimpulan bahwa internet memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan, dan dapat dijadikan media informasi dan pembelajaran modern seperti pengajaran jarak jauh. Sehingga akhirnya dari penjelasan kami diatas dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa internet itu bagus, berguna bagi perkembangan jaman, mempermudah manusia serta masih banyak hal-hal yang bagus dan indah lainnya, tetapi tetap saja ada hal negatifnya seperti yang kami ungkapkan di atas. Cara yang bijak yang dapat kami berikan solusi baik kepada dampak positif maupun dampak negatif diatas adalah ; “ Jadikan Internet Teman dan Mitra anda baik dalam belajar maupun dalam bekerja, tetapi jangan sampai internet itu dapat mengatur hidup anda, karena apabila internet sudah mengatur hidup anda, itu tidak ubanya seperti obat bius yang membuat kecanduan atau addicted kepada hidup anda, sehingga kita jadi agak “malas” melakukan aktifitas di kehidupan nyata. Dan juga pilah-pilahlah informasi lewat internet itu, kalau bisa hanya yang bagus dan berguna yang diambil, sedangkan yang jelek dan tidak berguna dibuang.(Selesai)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: